Software yang digunakan untuk database MySQL

31 March 2016
31 March 2016, Comments Comments Off on Software yang digunakan untuk database MySQL

Untuk beberapa developer, penggunaan database dalam pengembangan perangkat lunak nya sangat lah penting. Database tersebut digunakan untuk menyimpan data-data yang diperlukan terkait dengan aplikasi yang sedang di kembangkan. Agar mempermudah dalam menejemen database, diperlukan aplikasi database manager yang bisa digunakan untuk melihat, mengubah, menghapus, ataupun membuat data kedalam database. Di artikel kali ini CodePolitan akan memberikan 9 database manager yang bisa mempermudah kerja para developer. Database manager yang dibahas merupakan database untuk relational database atau basis data relasional.

1. PHPMyAdmin

PHPMyAdmin adalah salah satu database manager yang paling populer dan banyak digunakan oleh para developer web yang menggunakan database untuk penyimpanan datanya. Database yang didukung oleh phpMyAdmin ini antara lain: MySQL, MariaDB, dan Drizzle. phpMyAdmin ini dapat digunakan secara bebas dan memiliki lisensi GNU GPL.

mysql

phpMyAdmin sendiri merupakan aplikasi database manager berbasis web, artinya aplikasi ini dijalankan menggunakan web browser. Beberapa fitur yang dimiliki database manager ini antara lain:

  • Tampilan web yang sangat baik
  • Mendukung pengoperasian MySQL seperti melihat, menghapus, ataupun menyalalin database.
  • Dapat mengeksekusi perintah SQL
  • Memberikan bookmark terhadap SQL-statement apapun
  • Mengatur pengguna MySQL dan hak akses nya
  • Mengatur stored procedures dan triggers
  • Impor dari CSV dan SQL
  • Ekspor data kedalam berbagai format: CSV, SQL, XML, PDF, dan lain sebagainya

phpMyAdmin dapat di download di website resminya http://www.phpmyadmin.net/. Informasi lebih lengkap mengenai phpMyAdmin juga dapat diakses di website tersebut.

2. MySQL Workbench

2. Mysql

MySQL Workbench

MySQL Workbench adalah tools berbasis GUI yang digunakan untuk me-menej database. MySQL Workbench sangat mendukung MySQL Server versi 5.1 keatas.

MySQL Workbench secara umum memiliki fitur berikut:

 

  • Me-menej dan membuat koneksi dengan server database.
  • Eksekusi kueri SQL melalui editor SQL yang telah disediakan.
  • Membuat skema database.
  • Me-menej administrasi server: administrasi pengguna, back-up dan recovery, monitoring performance server MySQL, dan lain sebagainya.
  • Dapat melakukan migrasi dari Microsoft SQL Server, Microsoft Access, Sybase ASE, SQLite, SQL Anywhere, PostreSQL, dan objek RDBMS lainya menjadi MySQL. MySQLWorkbench dapat di download di http://dev.mysql.com/downloads/workbench/.

3. DBVisualizer

DbVisualizer merupakan tools untuk database berbasis GUI. DBVisualizer bisa dijalankan secara multiplatform, dia bisa dijalankan pada sistem operasi Windows, MacOS, dan Linux. Fitur utama yang dimilikinya adalah DBVisualizer ini mendukung berbagai jenis database seperti: Oracle, Sybase, SQL Server, PostgreSQL, DB2, Mimer SQL, Neoview, MySQL, Informix, JavaDB/Derby, H2, SQLite, NuoDB, dan Vertica.

DBVisualizer

Info lebih lanjut mengenai DBVisualizer dapat diakses di website resminya: http://www.dbvis.com/.

4. SQL Power Architect

SQL Power Architect merupakan database manager yang mendukung berbagai jenis database termasuk didalamnya Oracle, Sybase, SQL Server, PostgreSQL, DB2, MySQL, Informix, H2, dan SQLite. Seperti halnya database manager lainya, SQL Power Architect juga memiliki fitur untuk mengelola objek-objek dalam database seperti membuat/menghapus database, membuat/menghapus tabel, impor/ekspor database menjadi file, dan lain sebagainya.

SQL Power Architect

Informasi lebih lanjut mengenai SQL Power Architect bisa dilihat di web resmi nya http://www.sqlpower.ca/.

5. Toad for MySQL

Toad for MySQL

Toad for MySQL adalah aplikasi database manager yang memiliki fitur utama efisiensi dan kecepatan terhadap eksekusi kueri dan juga manajemen database. Toad MySQL hanya mendukung MySQL untuk database nya.

Tampilan Toad for MySQL

Info lebih lanjut silakan buka di website nya http://www.toadworld.com/products/toad-for-mysql/default.aspx.

6. HeidiSQL

HeidiSQL_logo_image

HeidiSQL merupakan tools database manager diperuntukan untuk web developer yang menggunakan MySQL server, Microsoft SQL, atau PostgreSQL sebagai databasenya. Seperti database manager yang lain, HeidiSQL memiliki fitur untuk melihat dan mengubah data, membuat dan mengubah tabel, view, prosedur, trigger, dan event. Selain itu HeidiSQL ini dapat melakukan impor/ekspor struktur database.

HeidiSQL

Informasi lebih lanjut bisa dibuka di wesite nya http://www.heidisql.com/.

7. SQuirrel SQL

SQuirrel SQL merupakan database manager yang dibangun menggunakan JAVA. Sama seperti database manager yang lain, melihat/membuat tabel, mengeksekusi perintah SQL, dan lain sebagainya adalah fitur utama yang dimiliki oleh SQuirrel SQL.

SQuirrel SQL

Informasi lebih lanjut mengenai SQuirrel SQL bisa diakses di website nyahttp://squirrel-sql.sourceforge.net/.

8. pgAdmin

pgAdmin merupakan database manager untuk PostgreSQL yang berbasis GUI. pgAdmin bebas untuk digunakan dan bersifat open source. pgAdmin ini juga dapat berjalan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, MacOS, FreeBSD, dan Solaris.

pgAdmin Versi Linux

Info lebih lanjut dapat dilihat di websitenya http://www.pgadmin.org/.

9. phpPgadmin

phpPgadmin merupakan database manager untuk PostgreSQL yang berbasis web. phpPgadmin ini dapat digunakan secara gratis.

Tampilan phpPgAdmin

10. Navicat

Navicat adalah sebuah software yang digunakan untuk memanipulasi data MySQL, seperti membuat database, membuat tabel, menghapus tabel, dan yang lebih hebatnya lagi navicat bisa di gunakan untuk mengubah tipe data MySQL yang biasanya berakhiran (.sql) ke dalam format file Paradox(*.db), file DBase(*.dbf), file  Text(*.txt), file HTML(*.htm;*.html), file Excel(*.xls), file Excel 2007(*.xlsx), file Lotus 1-2-3(*.wk1), QuattroPro(*.wq1), file XML(*.xml), database MS Access(*.mdb), dan masih banyak lagi. Tidak hanya sampai di situ saja, dengan bantuan navicat ini anda bisa dengan mudah mengambil data dari tipe lain ke dalam file .sql.

jendela utama navicat 1